Rabu, 26 Oktober 2016

SOAL DAN PEMBAHASAN UAN SMA BAHASA INDONESIA TAHUN 20014



SOAL DAN PEMBAHASAN UAN SMA BAHASA INDONESIA TAHUN 20014
  1. Banyak faktor yang menjadi penyebab siswa kurang tertarik pada pelajaran bahasa Indonesia. Faktor tersebut di antaranya penyajian materi dalam buku teks dan guru yang tidak menguasai materi sehingga tidak dapat mengajar dengan baik.
    Pikiran utama paragraf di atas adalah ……..
    A . materi buku teks bahasa Indonesia bagi para siswa
    B. guru bahasa Indonesia yang tidak menguasai materi yang diajarkannya
    C . faktor penyebab kurang tertariknya siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia
    D . bahasa Indonesia kurang menarik untuk dipelajari siswa dalam kelas
    E . faktor-faktor yang menyebabkan guru tidak mampu mengajarkan materi ajar
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Pikiran utamanya adalah “faktor penyebab kurang tertariknya siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia”, pilihan lainnya merupakan kalimat penjelas.
  2. (1) Di IRRI (International Rice Research of Institute) Los Banos di Pilipina terdapat puluhan ribu jenis padi yang berasal dari seluruh dunia. (2) Plasma nutfah padi yang berasal dari Indonesia pun ada di sana. (3) Dengan mengawinsilangkan berbagai padi jenis unggul itu diperoleh jenis padi unggul baru. (4) PB4 misalnya, merupakan hasil kawin silang antara berbagai jenis padi unggul Indonesia dengan padi unggul Taiwan. (5) Kalau hasilnya ternyata kurang, dicari lagi jenis lain yang ada.
    Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ……..
    A . Mengapa plasma nutfah berada di IRRI?
    B . Ada berapa macam jenis padi yang ada di IRRI?
    C . Siapakah yang mendirikan IRRI?
    D . Negara manakah yang paling banyak. mengambil bibit unggul dari IRRI?
    E . Bagaimanakah cara memperoleh bibit padi unggul yang baru?
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Lihat kalimat nomor (3) yaitu, “Dengan mengawinsilangkan berbagai padi jenis unggul itu diperoleh jenis padi unggul baru. “
  3. (1) Menurut seorang pengembang, pengembangan agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis, (2) Pengembangan telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.
    Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor .. .
    A . (1) dan (4)
    B . (1) dan (3)
    C . (2) dan (3)
    D . (2) dan (4)
    E . (3) dan (4)
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Opini adalah pendapat, pikiran, pendirian. Kalimat nomor (1) dan (4) merupakan opini Kalimat nomor (2) dan (3) merupakan kalimat fakta.
  4. …….. pertanian dikembangkan melalui dua kegiatan dasar, yaitu dasar kultur rekayasa genetika jaringan dan rekayasa genetika. Teknik kultur jaringan memungkinkan kita mengisolasi jaringan dan sel-sel tumbuhan kemudian menanamkannya di luar tumbuh-tumbuhan itu sendiri. Kultur jaringan sebesar satu sentimeter kubik berisi kurang lebih sejuta sel.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah
    A . varietas
    B . kultur nutfah
    C . bioteknologi
    D . hidroponik
    E . gen sejenis
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Istilah yang tepat adalah bioteknologi pertanian.
    Bioteknologi adalah teknologi yang menyangkut jasad hidup.
  5. Ibunda, Andar sudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru.
    Andar sudah memiliki teman. Semua teman di sekolah itu baik, kami pun sudah membentuk kelompok belajar: Doakan ya Bu, agar Andar rukun selalu dengan teman-teman.
    Isi surat pribadi di atas adalah ……..
    A . keadaan sekolah Andar
    B . teman-teman Andar
    C . lingkungan sekolah Andar
    D . kelompok belajar Andar
    E . penyesuaian diri Andar
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Inti surat yang ditulis Andar adalah mengenai penyesuaian diri di sekolah yang baru.
  6. Kalimat penutup surat undangan resmi yang tepat adalah ……..
    A . Mohon kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu.
    B . Kehadiran Bapak/Ibu merupakan suatu kehormatan bagi kami.
    C . Kehadiran Bapak/Ibu merupakan kelancaran rapat pengurus nanti.
    D . Kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu merupakan disiplin waktu rapat.
    E . Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    “Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.”
    Kalimat di atas sudah baku, efektif tetapi tidak kaku dan tidak meninggalkan kesopanan dalam sebuah undangan resmi.
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 2
  7. Ketua OSIS menginstruksikan kepada Ketua Paskibra untuk membuat laporan hasil Pendidikan dan pelatihan(Diklat) Paskibra pada tanggal 16 Agustus 2003.
    Kalimat memo yang tepat sesuai dengan instruksi ketua OSIS tersebut adalah ……..
    A . Mohon menyiapkan laporan kegiatan yang sudah dilakukan,
    B . Siapkan laporan kegiatan Diklat Paskibra tanggal 16 Agustus 2003.
    C . Siapkan personil PASKIBRA untuk Diklat 16 Agustus 2003.
    D . Siapkan 16 Agustus 2003, keperluan laporan Diklat.
    E . Mohon laporan ini segera dibuatkan untuk dokumentasi sekolah.
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Memo adalah bentuk surat tak resmi yang bersifat kedinasan dan digunakan sebagai alat komunikasi di antara orang-orang di lingkungan dinas kelembagaan/instansi.
    Jadi instruksi ketua OSIS kepada ketua Paskibra, harus menggunakan kalimat singkat, padat, dan jelas. Memo yang tepat “Siapkan laporan kegiatan Diklat Paskibra tanggal 16 Agustus 2003.”
  8. Ibu Dra. Irawati lahir di Solo 20 April 1980, beragama Islam, belum kawin, pernah bekerja di BRI tiga tahun, alamat Jalan Raya Prambanan 10, Solo.
    Penulisan identitas pelamar sesuai EYD yang tepat adalah ……..
    1. Berikut ini adalah identitas saya,
    nama : Ibu Dra Irawati
    tempat tanggal lahir : 20 April 1980
    agama : Islam
    alamat : Jln. Raya Prambanan no. 10 Solo
    2. Yang bertanda tangan di bawah ini,
    nama : Ibu Irawati
    lahir : Solo, 20 April 1980
    agama : Islam
    alamat : Jln. Raya Prambanan no. 10 Solo
    3. Adapun identitas saya,
    nama : Dra. Irawati
    tempat, tanggal lahir : Solo, 20 April 1980
    agama : Islam
    alamat : Jalan Raya prambanan no. 10
    4. Dengan surat ini saya sampaikan bahwa saya,
    nama : Dra. Irawati
    tempat, tanggal lahir : Solo, 20 April 1980
    agama : Islam
    alamat : Jalan Raya Prambanan 10, Solo
    5. Bersama surat ini, saya
    Nama : Dra. Irawati
    Tanggal lahir : Solo 20 April 1980
    Agama : Islam
    Alamat : Jl. Raya Prambanan no. 10 Solo
    A . 1
    B . 2
    C . 3
    D . 4
    E . 5
    Kunci : D
    Penyelesaian :
    Penulisan identitas yang tepat, diawali kalimat, Dengan surat ini … nama, tempat, tanggal lahir, agama, dan alamat. pilihan yang tepat adalah 4.
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 3
  9. Barang siapa yang terlambat, agar supaya menghadap guru piket.
    Kalimat yang efektif untuk memperbaiki pengumuman tersebut adalah ……..
    A . Siapa yang terlambat, segeralah menghadap guru piket.
    B . Yang merasa terlambat harap melapor ke guru piket.
    C . Sebaiknya yang terlambat cepat lapor ke guru piket.
    D . Agar supaya yang terlambat melapor kepada guru piket.
    E . Yang terlambat agar melapor kepada guru piket.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Sebuah pengumuman harus menggunakan kalimat yang efektif, agar isi dari pengumuman tersebut cepat sampai pada pembaca. Oleh karena itu, kalimat yang dipergunakan harus jelas, singkat, dan baku.
    Pengumuman yang tepat : “Yang terlambat agar melapor kepada guru piket.”
  10. (1) Indahnya objek wisata Pangandaran yang terletak di Jawa Barat. (2) Berpantai landai, sesekali diterpa ombak yang berkejaran gulung-menggulung. (3) Objek ini banyak diminati wisata lokal dan mancanegara. (4) Alamnya diperindah oleh hutan di sekitarnya dan beberapa gua. (5) Di hutan itu berkeliaran monyet jinak menyongsong wisatawan yang datang sembari meminta makanan, laksana Ubud dan Sangeh di Pulau Bali.
    Kalimat sumbang dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ……..
    A . (1)
    B . (2)
    C . (3)
    D . (4)
    E . (5)
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Kalimat nomor (3) kalimat sumbang, karena tidak menggambarkan keindahan Pangandaran.
  11. Telepon genggam sudah banyak dimiliki masyarakat bahkan dalam sebuah keluarga, hampir semua anggota keluarga memilikinya. Di samping memang sudah merupakan alat komunikasi yang mudah dibawa-bawa, pengoperasian telepon pun tidak sulit dan harga terjangkau pula. Ada kemungkinan perkembangan alat ini pesat sekali karena hal-hal tersebut. Di tambah pula karena muncul variasi bentuk, merek, dan model baru. Oleh sebab itu, sekarang barang-barang tersebut sudah dianggap bukan barang mewah lagi.
    Pola pengembangan paragraf tersebut adalah ……..
    A . eksposisi
    B . narasi
    C . deskripsi
    D . argumentasi
    E . persuasi
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Eksposisi disebut juga pemaparan. Hal ini sesuai dengan paragraf yang menguraikan atau memaparkan tentang perkembangan telepon genggam.
  12. Hal ini ditandai oleh banyaknya barang elektronik yang beredar di masyarakat.
    Pemunculan barang tersebut sudah sampai di kalangan masyarakat menengah ke bawah.
    Ada yang dikategorikan barang mewah dan ada pula yang dikategorikan bukan barang mewah …
    Kalimat kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ……..
    A . Keistimewaan alat itu sangat mencengangkan
    B . Sudah muncul lagi model baru tahun ini.
    C . Memang produksi Indonesia sudah bersaing.
    D . Teknologi canggih perlu dimiliki oleh masyarakat.
    E . Perkembangan teknologi dewasa ini sangat pesat.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Kalimat kesimpulan ini diperkuat pada kalimat, “hal ini ditandai oleh banyaknya barang elektronik yang beredar di masyarakat.”
  13. Tidak ada gunanya menanti sesuatu yang tidak jelas.
    Kalimat penjelas yang tidak relevan dengan kalimat utama tersebut adalah ……..
    A . Lebih baik berhenti berharap dan memulai menyusun rencana baru.
    B . Rencana yang disusun dipikirkan masak-masak dan ditimbang baik buruknya.
    C. Namun, jangan pula mengikuti kata hati atau hanyut dalam penyesalan.
    D . Segala sesuatu tidak akan selesai jika hanya dipikirkan dan ditimbang-timbang.
    E . Bagaimana tidak stres, jika gurauan dianggap sesuatu yang serius.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Kalimat penjelas “Bagaimana tidak stres, jika gurauan dianggap sesuatu yang serius.” tidak relevan dan tidak ada kaitan makna dengan kalimat utama.
  14. PU : ….
    PK : Bambang perokok
    K : Bambang harus melindungi perokok pasif.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ……..
    A . Bambang seorang perokok dan pecandu rokok.
    B . Siapa merokok, membahayakan lingkungan.
    C . Setiap perokok harus melindungi perokok pasif.
    D . Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok.
    E . Bambang selalu berhati-hati setiap merokok.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Rumus silogisme : PU : Semua/Setiap A = B
    PK : C = A
    K : C = B
    Maka PU yang tepat : “Setiap perokok harus melindungi perokok pasif.”
  15. Setelah diadakan peninjauan ke desa X, diketahui persentase kepemilikan MCK (mandi cuci kakus) di RW 01, 90% rumah penduduk telah memiliki MCK, RW 02, 95%, RW 03 95%, RW 04 97%, dan RW 05 93%.
    Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah ……..
    A . Boleh dikatakan, penduduk di desa tersebut sudah modern dan terpelajar.
    B . Jadi, penduduk di desa X tidak perlu mendapat bantuan ekonomi dan
    pembangunan.
    C . Dapat dikatakan, sedikit sekali rumah penduduk yang belum memiliki MCK di desa X.
    D. Dengan demikian, penduduk di desa tersebut perlu diberi penghargaan lingkungan.
    E . Dengan begitu rumah-rumah penduduk di desa X sudah layak huni dan memenuhi syarat sanitasi.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Generalisasi adalah jenis penalaran yang dimulai dengan mengemukakan
    peristiwa-peristiwa khusus/data-data untuk diambil kesimpulan secara umum. Dari data, “rumah penduduk telah memiliki MCK RW 01 90%, RW 02 95%, RW 03 95%, RW 04 97%, dan RW 05 93%, berarti sedikit sekali rumah penduduk yang belum memiliki MCK, sekitar 5%.”
  16. Perawatan tanaman dilakukan dengan seksama, yaitu diberi pupuk, disirami, dan disiangi rumput yang mengganggunya. Sehingga, tanaman tumbuh subur dan berkualitas baik. Jika berbuah dapat dinikmati dengan rasa puas. Begitu pula manusia. Sejak bayi, sang ibu memperhatikan gizi, memberi kasih sayang dan pendidikan yang layak, serta menghindari hal-hal negatif. Kelak si anak menjadi orang yang berguna dan keberadaannya dibutuhkan orang. Jadi, merawat dan membesarkan anak hingga menjadi orang yang berguna seperti merawat tanaman untuk memperoleh kualitas yang baik.
    Hal yang dibandingkan dalam paragraf tersebut adalah ……..
    A . merawat anak dengan merawat tanaman
    B . kualitas anak sama dengan kualitas tanaman
    C . perawatan tanaman sama halnya perawatan anak
    D . gizi anak dengan gizi tanaman haruslah sama
    E . seorang anak dengan tanaman tidak jauh berbeda.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Makna pe-an pada kata perawatan bermakna cara.
    Jadi, hal yang dibandingkan dalam paragraf yaitu (cara) perawatan tanaman sama halnya dengan (cara) perawatan anak.
  17. Penulisan judul karangan yang tepat (sesuai dengan EYD) adalah ……..
    A . Tampil Menawan Di Setiap Kesempatan
    B . Tampil Menawan di Setiap Kesempatan
    C . Tampil Menawan DiSetiap Kesempatan
    D . Tampil Menawan disetiap Kesempatan
    E . Tampil menawan di setiap kesempatan
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Kata depan di ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya. Untuk penulisan judul, kata depan di ditulis terpisah dan menggunakan huruf kecil.
    Judul karangan yang tepat adalah “Tampil Menawan di Setiap Kesempatan”
  18. Judul buku : Gres
    Pengarang : Putu Wijaya
    Penerbit : Balai Pustaka
    Tempat Terbit : Jakarta
    Tahun Terbit : 1987
    Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan identitas buku tersebut, yang tepat (sesuai EYD) adalah ……..
    A . Putu, Wijaya. 1987. Gres. Jakarta: Balai Pustaka.
    B . Wijaya, Putu. 1987. Gres. Jakarta: Balai Pustaka.
    C . Wijaya Putu, 1987. Gres. Jakarta: Balai Pustaka.
    D . Wijaya, Putu. Gres. 1987. Jakarta: Balai Pustaka.
    E . Putu, Wijaya. Gres. 1987. Jakarta: Balai Pustaka.
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Urutan penulisan daftar pustaka adalah nama pengarang (urutan terbalik), tahun terbit, judul buku, kota penerbit, dan (: )penerbit.
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 6
  19. Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan.
    Kutipan tersebut berupa bagian karya tulis yang terdapat pada ……..
    A . pendahuluan
    B . kata pengantar
    C . kesimpulan
    D . isi karya tulis
    E . latar belakang
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Isi kata pengantar biasanya terdiri dari ucapan terima kasih, permohonan maaf dan meminta kritik dan saran untuk perbaikan.
  20. Supernova adalah sebuah superimajinatif. Sungguh tidak lazim bagi dunia sastra Indonesia. Ditulis dengan gaya pop, tetapi sarat dengan problema filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra Indonesia, seorang penulis mampu mengartikulasikan labirin kehidupan kontemporer secara eksperimentif dengan gaya yang hampir science fiction.
    Dalam kutipan tersebut hal yang diresensi adalah ……..
    A . kepengarangan pengarang
    B . kesimpulan terhadap buku
    C . kekurangan dan keunggulan buku
    D . gaya penulis cerita
    E . bahasa pengarang dalam buku
    Kunci : D
    Penyelesaian :
    Kutipan tersebut meresensi gaya penulisan cerita yang diperkuat pada kalimat ketiga dan keempat:
  21. Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMU tingkat DKI Jakarta akan membentuk pengurus baru periode 2004 – 2006. Untuk itu, sekretaris MGMP tersebut menyusun proposal untuk mencari dana.
    Kalimat berisi tujuan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ……..
    A . Kegiatan tersebut untuk membentuk pengurus baru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMU tingkat DKI Jakarta periode 2004 – 2006.
    B . Membentuk dan mengaktifkan kembali musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat DKI Jakarta.
    C . Menyusun program kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMU tingkat DKI Jakarta tahun 2004 – 2006.
    D . Untuk menampung kreativitas Guru akan dibentuk pengurus baru Musyawarah, Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMU tingkat DKI Jakarta.
    E . Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMU tingkat DKI Jakarta akan membentuk pengurus baru dan program kerja periode 2004-2006.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Dalam penyusunan proposal biasanya dirumuskan secara jelas mengenai kegiatan yang dilakukan. Biasanya, tujuan berada di urutan ketiga setelah judul dan latar belakang.
    Fungsi tujuan dalam proposal adalah menguraikan maksud suatu kegiatan dengan jelas.
  22. Penggunaan istilah yang tepat terdapat pada kalimat ……..
    A . Pendekatan komunikasi dipakai dalam menggerakkan kebersihan di sekolah.
    B . Hasil produktivitas pertanian pada musim kemarau sangat menurun.
    C . Seorang linguis mengatakan bahwa bahasa Tondano hampir punah.
    D . Beberapa orang aktivitas kampus diajukan ke pengadilan karena demo.
    E . Dia selalu menjauhi teman-temannya karena bersikap ego.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Penggunaan istilah yang tepat pada kata linguis yang artinya yaitu ahli linguistik : ahli ilmu bahasa
  23. Penggunaan kata yang baku terdapat pada kalimat ……..
    A . Sebaiknya kamu mendengar nasehat temanmu.
    B . Kami mencatat jadual pelajaran.
    C . Pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan.
    D . Kemaren kami berkunjung ke perpustakaan nasional.
    E . Model sepatu saya sudah ketinggalan jaman.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Kata Pikirkan pada kalimat “Pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan.” sudah baku.
    “Sebaiknya kamu mendengar nasehat temanmu.”, nasehat kata bakunya nasihat.
    “Kami mencatat jadwal pelajaran.”, jadual kata bakunya jadwal.
    “Kemaren kami berkunjung ke perpustakaan nasional.”, kemaren kata bakunya kemarin.
    “Model sepatu saya sudah ketinggalan jaman.”, jaman kata bakunya zaman.
  24. Penulisan kata serapan yang tepat terdapat dalam kalimat ……..
    A . Mereka memperoleh surat untuk mengkonversi hutan alam menjadi lahan perkebunan sawit.
    B . Seharusnya dipikirkan bagaimana mengeksport hasil pertanian dengan memiliki nilai tambah.
    C . Dampak lingkungan terbesar adalah terganggunya ekosistim wilayah pesisir pantai nutara Jakarta.
    D . Keputusan yang diambil hendaknya mempertimbangkan kepentingan umum daripada mengejar infestasi.
    E . Obyek wisata pangandaran menyediakan berbagai sarana rekreasi untuk memudahkan wisatawan.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Kata serapan yang sudah tepat adalah mengkonversi.
    Kata mengeksport penulisan yang tepat mengekspor.
    Kata ekosistim penulisan yang tepat ekosistem.
    Kata infestasi penulisan yang tepat investasi.
    Kata obyek penulisan yang tepat objek.
  25. Pasangan kalimat yang menggunakan kata berpolisemi adalah ……..
    A . Ketika Ujian Nasional berlangsung ia jatuh sakit.
    Banyak prajurit TNI yang jatuh dari truk ketika berperang.
    B . Kami duduk di teras sambil menikmati hidangan kecil.
    Pejabat teras itu disukai orang-orang karena tidak sombong.
    C . Pada masa sekarang banyak orang yang tidak disiplin.
    Kita harus berani menghadapi massa yang kritis.
    D . Malam kemarin ia dilanggar mobil ketika menyeberang.
    Anak-anak mengaji di langgar, dekat rumahku.
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 8
    E . Walaupun tidak kaya-raya, keluarga Pak Harjo bahagia.
    Masyarakat miskin mendapat bantuan dari pemerintah.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Polisemi adalah bentuk bahasa yang mempunyai makna lebih dari satu, penulisan dan pelafalannya hampir sama dengan homonim, tetapi makna polisemi masih ada kaitan dengan makna sebenarnya. Kata jatuh maknanya sama-sama menderita.
  26. Lebar kali Cisadane Tangerang, tiga kali lipat kali Ciliwung Bogor.
    Kalimat yang menggunakan kata yang bermakna sejenis dengan kalimat di atas adalah
    ……..
    A . Ia tidak sabar menanti kedatangan ayahnya, padahal baru menunggu sepuluh
    menit.
    B . Dari tadi terdengar suara sedu sedan dari dalam sedan yang diparkir itu.
    C . Penyanyi rock itu mengenakan rok pendek untuk menarik perhatian penontonnya.
    D . Saya membaca buku halaman demi halaman di halaman sekolah ketika beristirahat.
    E . Ketika kami tiba di rumah kakek, Paman dan Bibi belum datang juga untuk bertemu.
    Kunci : D
    Penyelesaian :
    Homonim karena lafal dan ejaan sama, tetapi makna berbeda. Pada kalimat “Saya membaca buku halaman demi halaman di halaman sekolah ketika beristirahat.”, kata halaman pada kata buku berbeda dengan halaman sekolah.
  27. Anak yang besar kepala itu disukai teman-temannya.
    Ungkapan yang semakna dengan kalimat di atas adalah ……..
    A . Pak Arman menjadi stres karena ditinggal buah hatinya.
    B . Hati-hati duduk dengan orang yang panjang tangan.
    C . Orang tua itu senang sekali karena jantung hatinya berhasil.
    D . Anak yang bermuka dua itu dibenci teman-temannya.
    E . Orang kaya baru biasanya bersifat tinggi hati.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Ungkapan besar kepala bermakna sombong dan Tinggi hati juga bermakna sombong.
  28. Jangan takut kepadanya, anjing menyalak tak kan menggigit.
    Kalimat yang menggunakan peribahasa yang semakna dengan peribahasa di atas adalah ……..
    A . Tidak usah dipikirkan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu.
    B . Tidak usah takut kepadanya, ia seperti harimau mengaum tak kan menangkap.
    C . Dia hanya seperti kerbau menanduk anaknya, jangan khawatir,
    D . Orang-orang yang imannya kurang, hidupnya seperti anjing berebut tulang.
    E . Sepasang burung merpati terbang di udara bagai aur dengan tebing.
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Makna peribahasa “anjing menyalak tak kan menggigit” adalah sindiran bagi orang yang keras bicara, banyak bicara, tetapi tidak ada nyali dalam bertindak sama dengan peribahasa “harimau mengaum tak kan menangkap”.
  29. Angin pagi mengelus tubuhku.
    Majas yang tidak sejenis dengan majas di atas adalah ……..
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 9
    A . Pena menari-nari diatas kertas.
    B . Pohon-pohon di sekitarku membisu.
    C . Peluit kereta api menjerit jerit.
    D . Suaranya bagai buluh perindu.
    E . Badai merobohkan rumah-rumah.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Angin pagi mengelus tubuhku. memiliki majas yang mengandung makna perumpamaan dan personifikasi. Majas yang tidak sejenis adalah “Badai merobohkan rumah-rumah.”
  30. “Ibu menunggu saja di luar karena dokter belum datang,” kata perawat itu.
    Kalimat yang menggunakan. kata yang mengalami perubahan makna sejenis dengan kalimat di atas adalah ……..
    A. Saudara-saudara kami persilakan untuk menikmati hidangan alakadarnya.
    B. Perempuan yang memakai kaos merah itu ternyata temanku waktu di SLTP.
    C. Wanita yang berkebaya hijau itu tampak anggun dengan model sanggulnya.
    D. Pesawat telepon di rumahku sejak dua minggu yang lalu tidak berfungsi.
    E . Ibu saya selalu memberi nasihat agar rajin belajar demi masa depan.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Kata ibu mengalami makna perluasan sama seperti makna kata Saudara.
  31. Buah-buahan yang dijual pedagang kaki lima harganya lebih murah daripada di toko swalayan.
    Kata ulang yang semakna dengan kata ulang dalam kalimat di atas adalah ……..
    A . Petugas perpustakaan sedang menyusun buku-buku di rak buku.
    B . Untuk menakuti burung para petani membuat orang-orangan.
    C . Setiap hari kita harus memakan lauk-pauk yang bergizi.
    D . Sudah lama aku tidak surat menyurat dengan temanku di Padang.
    E . Wajah anak itu kemerah-merahan ketika diketahui Menyontek.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Kata ulang buah-buahan menunjukkan arti bermacam-macam buah sama dengan kata ulang lauk-pauk yang juga mempunyai arti bermacam-macam.
  32. Kakaknya termenung-menung memikirkan adiknya.
    Bentuk kata ulang di atas sama dengan kata ulang dalam kalimat ……..
    A . Anak itu bernyanyi-nyanyi di halaman sekolah.
    B . Gerak-gerik orang tua itu sungguh” mencurigakan.
    C . Rumah-rumah yang ada di pinggir jalan itu dibongkar paksa petugas.
    D . Pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan itu sudah berumur puluhan tahun.
    E . Sungguh indah kejadian-kejadian masa remajaku.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Bentuk ulang termenung-menung dan bernyanyi-nyanyi, sama bentuknya karena sama-sama berupa kata ulang berimbuhan.
  33. Saya pasti memaafkannya …….. dia mau mengakui kesalahannya.
    Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ……..
    A . bahwa
    B . sebelum
    C . setelah
    D . dengan
    E . seandainya.
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 10
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Kata penghubung seandainya mempunyai makna syarat yaitu seandainya.
    “Saya pasti memaafkannya seandainya dia mau mengakui kesalahannya.”
  34. Ia mau minum obat supaya lekas sembuh.
    Kalimat yang menggunakan kata penghubung yang sejenis dengan kalimat di atas adalah ……..
    A . Hari ini saya masuk kantor karena harus pergi ke dokter.
    B . Saya harus belajar giat agar dapat meraih juara kelas.
    C . Saya akan naik haji apabila tanah saya laku dijual.
    D . Jika orang tua mengizinkan, saya akan belajar di luar negeri.
    E . Saya hobi membaca sedangkan kamu hobi melukis.
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Kata penghubung supaya dan agar, sama yaitu bermakna tujuan.
  35. …….. Pak Hamid …….. istrinya tidak suka makan buah durian.
    Kata penghubung korelatif yang tepat untuk menyempurnakan kalimat di atas adalah ……..
    A . hanya … tetapi juga
    B . sedemikian … sehingga
    C . bukan hanya … melainkan
    D . tidak hanya … melainkan
    E . baik … maupun
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Kata penghubung korelatif adalah kata penghubung yang harus selalu berpasangan pada kata baik … maupun …. merupakan pasangan yang tepat untuk mengisi kalimat di atas.
    “Baik Pak Hamid maupun istrinya tidak suka makan buah durian.”
  36. Penggunaan imbuhan serapan yang tepat terdapat pada kalimat ……..
    A . Obat-obatan alamiah mulai digemari masyarakat:
    B . Albert Einstein fisikawan yang diakui dunia.
    C . Kebaktian itu dipimpin oleh rohaniawan terkenal.
    D . Di Indonesia belum banyak biologiawan yang sukses.
    E . Selain sejarahwan, Nugroho Notosusanto adalah sastrawan.
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Imbuhan serapan yang tepat adalah fisikawan.
    Alamiah tidak tepat seharusnya alami, rohaniawan seharusnya rohaniwan, bilogiawan seharusnya biologiwan, sejarahwan seharusnya sejarawan.
  37. Kalimat yang tidak menggunakan partikel asing secara benar adalah ……..
    A . Orang tua itu ternyata tuna rungu.
    B . Kamu jangan mempunyai praduga jelek kepadaku.
    C . Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat bervariasi.
    D . Program transmigrasi saat ini kurang mendapatkan perhatian.
    E . Aku sudah nonaktif dalam kegiatan OSIS di sekolah.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Yang tidak benar adalah “tuna rungu” karena penulisannya tidak disatukan. Seharusnya tunarungu, tunagrahita dan tunadaksa.
  38. Pengimbuhan me-kan yang tepat terdapat dalam kalimat ……..
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 11
    A . Televisi swasta acapkali mentayangkan sinetron picisan.
    B . Aparat pemerintah hams mensukseskan pemilu tahun 2004,
    C. Pemerintah segera mensosialisasikan kurikulum KBK kepada masyarakat.
    D . Mereka mengkaitkan krisis ekonomi dengan daya beli masyarakat.
    E . Dengan mudah ia dapat menafsirkan harga barang yang dilelang.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Pengimbuhan yang tepat adalah mensosialisasikan.
    Mentayangkan seharusnya menayangkan, mensukseskan seharusnya menyukseskan, mengkaitkan seharusnya mengaitkan, menafsirkan seharusnya mentafsirkan.
  39. Banyak angkutan umum tidak mengambil penumpang di perhentian bus.
    Makna imbuhan ke-an yang semakna dengan per-an diatas adalah ……..
    A . Kerajaan Sriwijaya ada di sumatera selatan.
    B . Rumahnya dicat dengan warna kebiru-biruan.
    C . Walaupun masih gadis, ia sangat keibuan.
    D . Kemandirian anak itu sudah tampak sejak kecil.
    E . Dewasa ini kejahatan di kota besar semakin meningkat.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Makna per-an pada kata perhentian menunjukkan tempat, makna ke-an pada kata kerajaan juga menunjukkan tempat.
  40. Melihat lukisan itu ia terpesona.
    Makna imbuhan ter- pada kalimat di atas sama dengan kalimat ……..
    A . Karangan yang terbaik yang mendapat hadiah.
    B . Peti seberat itu terangkat juga olehku.
    C . Bukunya terbawa oleh anak itu.
    D . Dia mati terbunuh tadi malam.
    E . Gadis itu tersenyum manis saat kusalami.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Makna ter- pada terpesona semakna dengan ter- pada kata tersenyum sama-sama menunjukkan spontanitas.
  41. Pak Hari saudara Pak Bambang seorang pengurus koperasi.
    Pemenggalan frase yang tepat untuk kalimat bermakna Pak Hari adalah saudara Pak Bambang dan dia seorang pengurus koperasi adalah ……..
    A . Pak Hari/saudara Pak Bambang/seorang pengurus koperasi.
    B . Pak/Hari/saudara/Pak Bambang/seorang/pengurus/koperasi.
    C . Pak Hari/saudara Pak Bambang/seorang/pengurus koperasi.
    D . Pak Hari/saudara/Pak Bambang/seorang pengurus koperasi.
    E . Pak Hari saudara Pak Bambang seorang pengurus/koperasi.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Pemenggalan yang tepat : Pak Hari/saudara Pak Bambang/seorang pengurus koperasi.
  42. Pak Mandra membangun rumah bertingkat.
    Kalimat yang menggunakan frase atribut berimbuhan seperti di atas terdapat pada kalimat ……..
    A . Anak itu malas pergi ke sekolah.
    B . Hari ini saya belajar bahasa Indonesia
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 12
    C . Indonesia memiliki banyak pahlawan.
    D . Anak itu pengunjung setia taman bacaan.
    E . Kemarin ia dijemput ayahnya pukul 15.30.
    Kunci : D
    Penyelesaian :
    Yang menggunakan atributif berimbuhan adalah kata taman bacaan.
  43. Pak Robert membeli tujuh karung beras.
    Kalimat di atas menggunakan frase ambigu (makna ganda). Agar makna kalimat di atas jelas, perbaikannya yang tepat adalah ……..
    A . Pak Robert membeli tujuh karung untuk beras.
    B . Pak Robert membeli beras dalam tujuh karung.
    C . Pak Robert membeli karung tempat tujuh beras.
    D . Pak Robert membeli beras sebanyak tujuh karung.
    E . Pak Robert membeli beras dengan tujuh karungnya.
    Kunci : D
    Penyelesaian :
    Kalimat ini sudah jelas (tidak memunculkan makna lain/logis) yang dibeli adalah beras sebanyak tujuh karung.
  44. Penjelasan diberikan seminggu sekali sehingga anak-anak mengerjakan tugas dengan teratur.
    Klausa bawahan (anak kalimat) pada kalimat majemuk di atas adalah ……..
    A . penjelasan diberikan seminggu sekali
    B . sehingga anak-anak mengerjakan tugas dengan teratur
    C . anak-anak mengerjakan tugas-tugas dengan teratur
    D . penjelasan diberikan dengan teratur
    E . mengerjakan tugas dengan teratur
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Yang termasuk induk kalimat : “penjelasan diberikan seminggu sekali”
    Sedangkan anak kalimat : “sehingga anak-anak mengerjakan tugas dengan teratur”
  45. Seandainya ayah memberi modal dan ibu menyetujui, saya akan membeli kios yang
    menjual barang-barang elektronik.
    Kalimat yang sepola dengan yang tersaji adalah ……..
    A . Ketika ibu akan membeli kalung dan ayah membeli jam, seorang pencopet
    mengincar dompet ibu akan diambilnya.
    B . Walaupun pemerintah pusat telah mengeluarkan peraturan dan pemerintah daerah telah menjalankannya tetap saja tujuan belum tercapai.
    C . Karena dia anak orang kaya dan dia pandai berkomunikasi akhirnya dia diberi proyek oleh bupati.
    D . Kalau kamu giat belajar dan mau belajar prihatin, pasti kamu akan menjadi orang yang sukses.
    E . Sewaktu saya menengok nenek dan ibu juga ikut, saya dapat melihat kebun kakek yang menghasilkan mangga itu.
    Kunci : A
    Penyelesaian :
    Kalimat yang sepola dengan pertanyaan adalah “Ketika ibu akan membeli kalung dan ayah membeli jam, seorang pencopet mengincar dompet ibu akan diambilnya.”
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 13
  46. Saya akan menyelesaikan tugas-tugas itu nanti malam.
    Kalimat pasif yang tepat dari kalimat aktif di atas adalah ……..
    A . Tugas itu akan diselesaikan oleh saya nanti malam.
    B . Tugas itu saya akan selesaikan nanti malam.
    C . Tugas itu akan saya selesaikan nanti malam.
    D . Nanti malam tugas itu akan diselesaikan oleh saya.
    E . Oleh saya tugas itu akan diselesaikan nanti malam.
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Untuk mengubah menjadi kalimat pasif, tugas menjadi subyek. Jadi kalimat pasif yang benar adalah : “Tugas itu akan saya selesaikan nanti malam.”
  47. “Sudah pukul delapan, Mat”, tegur Tono, “Mengapa belum kau bangun?”
    Kalimat tidak langsung yang tepat dari kalimat di atas adalah ……..
    A . Tono menegur si Mamat, pukul delapan kau belum bangun, ayo bangun, cepatlah.
    B . Tono menegur si Mamat karena ia belum bangun padahal sudah pukul delapan.
    C . Si Mamat ditegur Tono karena pukul delapan belum bangun.
    D . Jam delapan Tono menegur si Mamat karena ia belum bangun.
    E . Tono menegur Mamat karena sudah pukul delapan Mamat belum bangun.
    Kunci : E
    Penyelesaian :
    Kalimat “Tono menegur Mamat karena sudah pukul delapan Mamat belum bangun.”
    merupakan kalimat tidak langsung karena tidak menirukan atau mengulang ucapan orang (sumber).
  48. Yang bukan kalimat mayor dalam percakapan di bawah ini adalah ……..
    A . Cecep : Apa yang kamu renungi, Bang?
    B . Hakam : (Terkejut sambil berkata) Tidak ada yang direnungkan.
    C . Cecep : Sini duduk, mau merokok?
    D . Hakam : Tidak
    E . Cecep : Ah, jangan sombong begitu kau.
    Kunci : D
    Penyelesaian :
    Kalimat mayor adalah kalimat yang minimal terdiri dari dua unsur. Contoh: Ibu pergi Kalimat minor adalah kalimat yang terdiri dari satu unsur. Contoh : ke pasar (sebagai jawaban “Ibu pergi ke pasar”)
    Jadi yang bukan kalimat mayor adalah “Tidak”
  49. “Ya, mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya. Di tikungan terakhir menuju
    kampungku. “Lebih enak jalan kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang.
    Aneh dia seperti tak hendak menghentikan becaknya. Mungkin dia sedang menguji mentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat, apakah dia terus membuntuti aku atau tidak, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layak dilewatinya.
    Begitu memasuki gapura kampung, tangan kiriku kutarik dari saku celana. Dua keping logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah, biarin.
    Aku menoleh ke tukang becak yang berhenti tepat di depan gapura kampung. Ia turun dan berdiri di sana sambil tetap memegangi kemudi becak. Sambil berjalan aku menoleh kembali, dia tetap diam bagaikan sebuah monumen. Sesampai di rumah aku ceritakan pengalamanku pada ibu. Lama ibuku terdiam dan menatapku dan baru kemudian berkata, “Rasanya kamu perlu mencoba jadi tukang becak.”
    Amanat yang tersirat dalam penggalan cerpen di atas adalah ……..
    Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004 14
    A . kita harus memilih-milih tukang becak
    B . kita harus memahami keadaan tukang becak
    C . kita harus pandai menawar ongkos becak
    D . jangan memberi hati kepada tukang becak
    E . sebaiknya tukang becak harus tahu diri
    Kunci : B
    Penyelesaian :
    Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui tulisannya. Dari cerita di atas pada bagian akhir terdapat kalimat : “Rasanya kamu perlu mencoba jadi tukang becak.”, jadi amanat dari cerita di atas adalah “kita harus memahami keadaan tukang becak”
  50. Bacalah penggalan drama berikut!
    Ibu : (Tidak menoleh benar) Malam lebaran Narto, dengarlah tabuh itu bersahut-sahutan. Pada malam lebaran seperti ini dia pergi, pergi dengan tidak meninggalkan kata.
    Gunarto : (Agak kesal) Ayah …. ?
    Ibu : Keesokan harinya, hari lebaran, sesudah sembahyang aku memaafkan dosanya.
    Gunarto : kenapa ibu ingat juga waktu yang lampau, mengingat kepada orang yang tak pernah lagi mengingat kita.
    Ibu : (Memandang Gunarto) Aku merasa ia masih ingat kita Gunarto.
    Yang tergambar dalam penggalan drama di atas adalah konflik ……..
    A . sosial
    B . fisik
    C . batin
    D . budaya
    E . alam
    Kunci : C
    Penyelesaian :
    Yang lebih tampak/tergambar pada teks tersebut adalah perasaan pelaku (batin) saat membicarakan seseorang (ayah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar